Apa itu Virus Corona, Penyebaran/Penularan dan Pencegahannya ?

Spread the love
Corona Virus
  1. Apa itu Virus Corona ? Virus corona adalah kelompok besar virus yang umum di antara hewan. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau Center for Disease Control and Prevention (CDC), dalam kasus yang jarang terjadi, mereka disebut zoonosis oleh para ilmuwan, yang berarti dapat ditularkan dari hewan ke manusia.

2. Bagaimana Penyebaran dan Penularannya

  • Virus dapat menyebar dari kontak manusia dengan hewan. Para ilmuwan berpikir MERS dimulai pada unta. Sedangkan di virus SARS, para ilmuwan menduga kucing luwak yang harus disalahkan, Virus Corona terbaru (Novel corona Virus) ini melalui Kelelawar.
  • Ketika berbicara tentang penularan virus dari manusia ke manusia, seringkali itu terjadi ketika seseorang menyentuh sekresi sistem pembuang zat manusia seperti keringat orang yang terinfeksi.
  • Bergantung pada seberapa mematikan virus itu, batuk, bersin, atau berjabat tangan dapat menyebabkan penularan. Virus ini juga dapat ditularkan dengan menyentuh sesuatu yang telah disentuh oleh orang yang terinfeksi dan kemudian menyentuh mulut, hidung atau mata Anda.
  • Perawat juga kadang-kadang dapat terpapar dengan menangani limbah pasien.
Gejala inveksi Virus Corona
  1. Bagaimana Gejalanya
  2. Virus dapat membuat orang sakit, biasanya dengan penyakit saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, mirip dengan flu biasa. Gejala terinfeksi virus corona termasuk pilek, batuk, sakit tenggorokan, mungkin sakit kepala dan mungkin demam, yang dapat berlangsung selama beberapa hari.
  3. Bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, orang tua dan orang yang sangat muda, ada kemungkinan virus dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang lebih rendah dan lebih serius, seperti pneumonia atau bronkitis.
  1. Cara Pencegahannya
  2. Anda mungkin dapat mengurangi risiko infeksi dengan menghindari orang yang sakit. Cobalah untuk tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda.
  3. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air dan setidaknya selama 20 detik.Jika Anda sakit, tinggal di rumah dan hindari keramaian dan kontak dengan orang lain.
  4. Tutupi mulut dan hidung Anda ketika batuk atau bersin, dan desinfeksi benda dan permukaan yang Anda sentuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *